PENGGUNAAN METODE FONIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS 2 DI SD N JAGAMANGSAN 1

Ardyanti, Wahyu (2015) PENGGUNAAN METODE FONIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS 2 DI SD N JAGAMANGSAN 1. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
09103244006_WAHYU ARDYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar kelas 2 di SD N Jagamangsan 1 menggunakan metode fonik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seorang siswa yang diduga berkesulitan belajar spesifik. Penelitian terdiri dari atas 2 siklus. Siklus pertama terdiri dari 10 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 5 pertemuan. Persentase KKM pencapaian yang ditetapkan yakni 80%. Setting penelitian dilakukan pada pembelajaran remidal. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca permulaan, wawancara dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk analisis tabel dan grafik dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah tindakan penggunaan metode fonik kemampuan membaca permulaan pada siswa mengalami peningkatan. Pada hasil persentase nilai pretest siklus I 46,1% meningkat menjadi 65,3% pada posttest dengan keterangan belum tuntas. Pada siklus II kemampuan membaca FY meningkat dengan hasil persentase nilai posttest siklus II 88,4% dengan keterangan tuntas. Pada siklus I siswa belajar mengenal bunyi huruf yang dibimbing oleh guru, huruf yang diajarkan difokuskan pada huruf yang dianggap sulit. Pembelajaran difokuskan pada huruf yang dipelajari dengan huruf yang telah dikuasai. Pada siklus II peneliti memodifikasi dengan memberikan reward berupa kepada siswa untuk memberi motivasi dalam pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan guru menggunakan metode eja dan materi disama ratakan. Subjek memiliki kemampuan auditori yang baik dan memiliki problem solving yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21729

Actions (login required)

View Item View Item