PENINGKATAN KETERAMPILAN BINA DIRI BERPAKAIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODEL TEMAN SEKELAS UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Trisniati, Dini Mindar (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BINA DIRI BERPAKAIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODEL TEMAN SEKELAS UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
08103244022_DINI MINDAR TRISNIATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bina diri berpakaian menggunakan media model bagi anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Negri 1 Bantul. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus pertama dan ke dua masing-masing tiga kali pertemuan, subyek dalam penelitian ini berjumlah dua orang siswa tunagrahita ringan, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi untuk analisis data menggunakan teknik naratif untuk menceritakan data yang digali dari subyek sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbaikan pembelajaran keterampilan bina diri berpakaian melalui model teman sekelas, yaitu anak ada contoh kongkrit, anak lebih aktif karena teman sekelas yang dijadikan model, model yang digunakan sebagai contoh adalah teman sekelas yang paling pandai dalam berpakaian secara mandiri, hal ini mendorong siswa lain untuk meniru dan mengikuti apa yang dilkukan oleh model. Peningkatan keterampilan bina diri berpakaian ini dapat dilihat setelah diberikannya tindakan dengan menggunakan teman sekelas sebagai model. deskripsi tentang peningkatan keterampilan bina diri berpakaian adalah siswa telah mampu mengenakan baju, memasukkan lengan, merapikan krah baju, memakai dan mengancingkan rok. Peningkatan keterampilan bina diri berpakaian berjalan dalam dua siklus dengan penambahan beberapa seperti reward dan bimbingan individual sehingga mencapai Kriteria ketuntasan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21727

Actions (login required)

View Item View Item