PENGEMBANGAN CERITA BERGAMBAR DALAM BENTUK MULTIMEDIA GUNA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI TK ABA KADISOKA KALASAN SLEMAN KELOMPOK B

Fadhilah, Ariati (2014) PENGEMBANGAN CERITA BERGAMBAR DALAM BENTUK MULTIMEDIA GUNA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI TK ABA KADISOKA KALASAN SLEMAN KELOMPOK B. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ARIATI FADHILAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan cerita bergambar dalam bentuk multimedia guna mengembangkan kemampuan membaca pada anak di TK ABA Kadisoka Sleman kelompok B. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Adapun subyek penelitian ini adalah siswa-siswi TK ABA Kadisoka Purwomartani Kalasan Sleman kelompok B1 yang berjumlah 19 anak dan kelompok B2 yang berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket dan observasi. Dalam penelitian ini menggunakan 3 kali uji coba yaitu uji coba lapangan permulaan, uji coba lapangan utama dan uji coba lapangan operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk cerita bergambar yang dikemas dalam bentuk multimedia layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca anak di TK ABA Kadisoka Kalasan Sleman, terlihat dari penilaian ahli materi termasuk dalam kategori sangat layak dengan presentase 96,3%. Sedangkan penilaian dari ahli media termasuk kategori layak dengan presentase 81,2%. Untuk hasil penilaian media pada uji coba lapangan permulaan yang melibatkan 4 anak mendapatkan presentase 80% dan termasuk kategori layak, pada uji coba lapangan utama yang melibatkan 10 anak mendapatkan presentase 82% dan termasuk kategori layak, dan untuk uji coba lapangan operasional yang melibatkan 30 anak memperoleh presentase 84% dan termasuk dalam kategori layak. Sedangkan kemampuan membaca anak pada uji coba lapangan permulaan memperoleh rata-rata 2,25 (baik) sebelum menggunakan multimedia, naik menjadi 2,58 (baik) setelah menggunakan multimedia. Pada uji coba lapangan utama dari rata-rata 1,9 (kurang baik) naik menjadi 2,47 (baik). Sedangkan pada uji coba operasional meningkat dari rata-rata 1,8 (kurang baik) menjadi 2,5 (baik).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21719

Actions (login required)

View Item View Item