PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SUGESTIF MELALUI PENERAPAN STRATEGI TRANSITION-ACTION-DETAILS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK

Mulya, Alyansinta (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SUGESTIF MELALUI PENERAPAN STRATEGI TRANSITION-ACTION-DETAILS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis narasi sugestif dengan strategi Transition-Action- Details (TAD) pada peserta didik kelas XI Administrasi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yang terdiri dari 24 orang peserta didik. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil pengamatan diperoleh melalui tes, pengamatan, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui teknik statistik deskriptif. Analisis kualitatif digunakan untuk data kualitatif yang berupa hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi tugas peserta didik. Teknik statistik deskriptif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh melalui hasil pengamatan, pengisian angket, dan hasil penilaian menulis narasi sugestif peserta didik sebelum dan setelah dilakukan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi TAD dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi sugestif peserta didik, baik pada kualitas proses maupun hasil. Adapun peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan peningkatan kualitas sikap peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan keaktifan, keantusiasan, minat, motivasi, dan keseriusan peserta didik dalam proses pembelajaran menulis narasi sugestif. Peningkatan hasil ditandai dengan meningkatnya kualitas karangan narasi sugestif peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan skor menulis narasi sugestif peserta didik pada pratindakan adalah 63,96, siklus I 72,29, dan siklus II 81,08. Dengan demikian, kemampuan menulis narasi sugestif peserta didik telah mengalami peningkatan, baik pada kualitas proses maupun kualitas hasil pembelajaran setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan strategi TAD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21717

Actions (login required)

View Item View Item