PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SUB MATERI INTI MASALAH EKONOMI/KELANGKAAN

Afiati, Bintana (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SUB MATERI INTI MASALAH EKONOMI/KELANGKAAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
16 Bintana Afiati.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Banyak model pembelajaran diterapkan di sekolah-sekolah untuk mengatasi kejenuhan dan meningkatkan kualitas diri siswa. Model pembelajaran Kurikulum 2013 yang memiliki nama, ciri, sintak, pengaturan, dan budaya adalah discovery learning, project-based learning, problem-based learning, dan inquiry learning. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model problem based learning pada sub materi inti masalah ekonomi/kelangkaan. Problem based learning (PBL) memiliki ciri-ciri seperti pembelajaran dimulai dengan pemberian masalah, masalah memiliki konteks dengan dunia nyata, siswa secara berkelompok aktif merumuskan masalah dan mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan mereka, mempelajari dan mencari sendiri materi yang terkait dengan masalah dan melaporkan solusi dari masalah, sementara pendidik lebih banyak memfasilitasi. PBL terdiri atas lima fase, yaitu mengorientasikan peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan artifak (hasil karya) dan memamerkannya, dan analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Prosiding Seminar Nasional: Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 03 Jul 2015 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21703

Actions (login required)

View Item View Item