Patrikha, Finisica Dwijayati (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TATANIAGA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".
|
Text
13 Finisica Dwijayati Patrikha.pdf Download (493kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Pendidikan tinggi merupakan pembelajaran untuk manusia dewasa (andragogy) yang lebih menekankan pada keaktifan mahasiswa. Oleh karena itu diperlukan suatu kegiatan yang mampu merangsang mahasiswa untuk dapat aktif dan analitis dalam proses perkuliahan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rangsangan tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Surabaya, Jurusan Pendidikan Ekonomi, program studi Pendidikan Tata Niaga Angkatan 2013 yang mengikuti perkuliahan Manajemen Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor aktivitas mahasiswa pada siklus I adalah 64,2 persen dan mengalami peningkatan rerata pada siklus II menjadi 69,6 persen, sedangkan untuk hasil belajar mahasiswa pada siklus I memiliki rerata sebesar 78,6 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,9.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 28 Jun 2015 21:33 |
Last Modified: | 03 Jul 2015 01:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |