METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI

Syahidah, Nuris (2015) METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
12 Nuris Syahidah.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern terutama era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 saat ini mengharuskan dunia pendidikan dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi sehingga mampu berdaya saing. Salah satu syarat agar sumber daya manusia bisa berdaya saing maka hal pokok yang dibutuhkan adalah kreativitas. Guru sebagai salah satu komponen penting yang menentukan keberhasilan proses belajar siswa harus mampu menciptakan situasi dan kondisi belajar yang menarik yaitu menggunakan metode pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif. Metode yang dapat digunakan yaitu mind mapping. Teknik mind mapping yang menggabungkan gambar, warna, dan simbol dapat mengajak siswa untuk menggali potensi dirinya untuk lebih kreatif. Tujuan artikel kajian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran mind mapping yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat menggabungkan kemampuan kedua belah otak sehingga dapat mengembangkan kreativitas siswa. Penggunaan mind mapping juga mendorong siswa berpikir sinergis, mempertajam ingatan dan melakukan imajinasi melalui asosiasi.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 03 Jul 2015 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21693

Actions (login required)

View Item View Item