Deden, Deden (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".
|
Text
11 Deden.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Menghadapi tantangan ekonomi global pada tahun 2015 Indonesia sudah berbenah diri melakukan berbagai perbaikan infrastruktur sarana dan prasarana termasuk dalam pendidikan. Pergantian kurikulum dengan penyempurnaan yang lebih baik lagi diharapkan mampu mencetak peserta didik yang kreatif, mandiri dan cerdas. Salah satu faktor yang sangat mendukung yaitu dengan penggunaan pendekatan saintifik. Dalam mata pelajaran ekonomi yang memiliki karakteristik materi cukup sulit, model pembelajaran inkuiri dapat dijadikan salah satu alternatif. Artikel berupa hasil pemikiran ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep penerapan pendekatan saintifik. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik melalui pembelajaran inkuiri akan sangat tepat, di mana tahapan-tahapan pada pendekatan ini akan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa. Dengan pendekatan saintifik yang didukung dengan pembelajaran inkuiri siswa akan lebih tertarik untuk belajar, dengan konsep menemukan sendiri maka siswa juga dapat lebih mengingat materi yang dibahas dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 28 Jun 2015 21:33 |
Last Modified: | 28 Jun 2015 21:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |