PERKEMBANGAN SEKOLAH PARTIKELIR PAKUALAMAN 1892-1942

NINDA, PURNAMA SARI (2012) PERKEMBANGAN SEKOLAH PARTIKELIR PAKUALAMAN 1892-1942. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PERKEMBANGAN SEKOLAH PARTIKELIR PAKUALAMAN 1892-1942 OLEH: NINDA PURNAMA SARI NIM: 07407141006 Dengan di berlakukannya Politik Etis oleh Pemerintah Belanda di wilayah Hindia Belanda, sedikit-demi sedikit terdapat perbaikan dalam bidang pendidikan. Sekolah dengan sistem Barat banyak didirikan di wilayah Indonesia terutama di Yogyakarta. Pakualaman juga telah mendirikan tiga buah sekolah partikelir yang menggunakan sistem Barat, ketiga sekolah tersebut, dua di antaranya berada di wilayah Pakualaman yang di Yogyakarta, yang satunya di wilayah Adikarto. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tentang keadaan geografis, demografis, dan pendidikan di wilayah Pakualaman, beserta sekolah partikelir yang didirikan oleh Pakualaman beserta dampaknya bagi masyarakat. Penulisan skripsi ini menggunakan metode sejarah kritis melalui studi pustaka. Metode yang digunakan melalui langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, heuristik, pengumpulan sumber-sumber yang menyangkut peristiwa sejarah yang akan di tulis. Kedua, kritik sumber, yaitu kegiatan meneliti sumbersumber sejarah baik secara eksternal maupun internal yang meliputi kelayakan sumber tersebut untuk dijadikan data dalam penulisan. Ketiga, interpretasi, yaitu penafsiran makna yang saling berhubungan dari sumber-sumber sejarah yang diperoleh setelah melakukan kritik intern dan ekstern dari data-data yang berhasil dikumpulkan agar penulisan lebih lengkap dan lebih bersifat obyektif. Keempat, penulisan, yaitu penulisan dan penyampaian rangkuman sumber-sumber yang diperoleh dalam bentuk karya sejarah. . Dari kajian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa daerah Pakualaman meliputi sebagian kecil wilayah Yogyakarta yang berada di timur sungai Code, ditambah dengan kabupaten Brosot yang ada di Adikarto, Kulon Progo. Pakualaman mempunyai cukup padat penduduk dengan penduduk yang banyak bermatapencaharian dibidang pertanian. Perkembangan pendidikan di Pakualaman dapat dilihat dengan didirikannya tiga sekolah partikelir oleh Pakualaman. Sekolah tersebut dinamakan sekolah Surjengyuritan Lor, Padmosekarnan dan sekolah Ongko Loro. Sekolah Ongko Loro yang didirikan di Adikarto khusus disediakan untuk anak-anak dari para pegawai Pakualaman. Kata Kunci: Sekolah, Partikelir, Pakualaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Ilmu Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21676

Actions (login required)

View Item View Item