KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF DIRECTED LEARNING MAHASISWA

Setyawati, Sri Panca (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF DIRECTED LEARNING MAHASISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
08 Sri Panca Setyawati.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Mandiri merupakan salah satu tujuan pendidikan di Indonesia, oleh karena itu kemandirian harus terus dikembangkan, khususnya dalam lembaga pendidikan formal tidak terkecuali di perguruan tinggi. Para pendidik belum dapat melaksanakan tugas pembelajarannya secara optimal dan profesional untuk memandirikan mahasiswa. Kondisi tersebut ditunjukkan dengan masih digunakannya metode pembelajaran yang dicirikan dengan konsep one way information, sehingga mengakibatkan mahasiswa hanya pasif. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran yang bisa memandirikan mahasiswa, terutama dalam belajar, salah satunya adalah dengan menerapkan model Inquiry Based Learning (IBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran IBL untuk meningkatkan Self Directed Learning (SDL) mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran IBL efektif untuk meningkatkan SDL mahasiswa

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 03 Jul 2015 01:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21675

Actions (login required)

View Item View Item