PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PADA MATA PELAJARAN YANG DI-UN-KAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL UMMAH KOTAGEDE DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Dewi, Yulianti (2015) PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PADA MATA PELAJARAN YANG DI-UN-KAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL UMMAH KOTAGEDE DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dewi_Yulianti.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) upaya diri guru pada mata pelajaran UN dalam mengembangkan profesionalisme, (2) upaya MTs Nurul Ummah dalam mengembangkan profesionalisme guru pada mata pelajaran UN, dan (3) faktor penghambat dalam pengembangan profesionalisme guru mata pelajaran UN. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data dengan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya dari diri guru pada mata pelajaran Ujian Nasional dalam pengembangan profesionalisme di MTs Nurul Ummah (faktor internal) diwujudkan dengan peningkatan keahlian sebagai tenaga pendidik SMP/MTs melalui studi, peningkatan kompetensi pedagogik melalui keikutsertaan dalam pertemuan ilmiah, peningkatan kompetensi profesional melalui pengembangan profesi, dan peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial melalui akhlak mulia; (2) upaya dari madrasah dalam pengembangan profesionalisme guru di MTs Nurul Ummah (faktor eksternal) diwujudkan dalam bentuk motivasi peningkatan keahlian melalui studi, motivasi keikutsertaan dalam pertemuan ilmiah dan pengembangan profesi, peningkatan pengetahuan melalui penambahan koleksi buku, pembinaan guru melalui supervisi oleh kepala madrasah, dan pembinaan guru melalui penugasan; (3) faktor penghambat dalam pengembangan profesionalisme guru pada mata pelajaran Ujian Nasional di MTs Nurul Ummah adalah (a) faktor eksternal, yaitu peran kepala madrasah dalam program pengembangan belum optimal dan keterbatasan anggaran madrasah, sehingga berdampak pada intensitas keikutsertaan guru dalam program pengembangan profesionalisme dan (b) faktor internal, yaitu minat dan motivasi guru untuk mengikuti pengembangan profesionalisme yang diupayakan pihak madrasah masih kurang, terutama dalam program pengembangan keikutsertaan dalam pertemuan ilmiah dalam bentuk MGMP, pengembangan profesi dalam bentuk karya, dan pemanfaatan koleksi buku di perpustakaan madrasah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:26
Last Modified: 30 Jan 2019 00:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21673

Actions (login required)

View Item View Item