PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN TEMANGGUNG

David Ragil, Saputra (2015) PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DAVID RAGIL SAPUTRA.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana perencanaan supervisi akademik oleh pengawas; (2) bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas; dan (3) bagaimana tindak lanjut dari pelaksanaan supervisi akademik. Desain penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan menggunakan teknik analisis tabel frekuensi. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode populasi, dimana populasinya adalah 42 pengawas SD se-Kabupaten Temanggung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap SD se-Kabupaten Temanggung tergolong pada tingkatan cukup, pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal perencanaan supervisi akademik. (2) Pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap SD se-Kabupaten Temanggung tergolong pada tingkatan cukup. Pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal pelaksanan supervisi akademik. (3) Tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas terhadap SD se-Kabupaten Temanggung tergolong pada tingkatan cukup. Pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal tindak lanjut supervisi akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:25
Last Modified: 30 Jan 2019 00:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21655

Actions (login required)

View Item View Item