PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK (SUATU KAJIAN TEORI)

Agustina, Yulia (2015) PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK (SUATU KAJIAN TEORI). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
03 Yulia Agustina.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Tujuan nasional pendidikan yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang terwujud dalam pengembangan kemampuan, watak serta peradaban bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pendekatan pembelajaran yang mampu memberikan makna dan membangun kebiasaan baik pada siswa. Contextual teaching and learning (CTL) ditawarkan sebagai sebuah pendekatan holistic terhadap pendidikan yang dapat digunakan oleh semua siswa baik yang berbakat maupun siswa yang mengalami kesulitan belajar. CTL ditawarkan sebagai satu strategi yang sangat menarik karena siswa dapat mengaitkan isi dari mata pelajaran dengan pengalaman sendiri sehingga mereka akan menemukan makna pembelajaran. Selain itu melalui CTL akan membentuk sebuah karakter siswa di antaranya tanggung jawab, kedisiplinan, kemandirian, kejujuran, dermawan, suka menolong, gotong-royong/kerjasama, percaya diri, kreatif, pekerja keras, rela berkorban, toleransi, penegak hukum dan persatuan. Pelaksanaan pendidikan karakter yang diintegrasikan pada pembelajaran perlu menggunakan pendekatan CTL, karena proses pendidikan karakter menjadi lebih konkret dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan masing-masing.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 03 Jul 2015 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21654

Actions (login required)

View Item View Item