MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS I SD N 2 BELANG WETAN

Setiawan, Ardianto (2014) MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS I SD N 2 BELANG WETAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ardianto setiawan_08105244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman berhitung pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media gambar pada kelas 1 SD Negeri II Belang Wetan, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Subyek penelitian berjumlah 21 siswa, dengan perincian 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Tes hasil belajar dianalisis dengan teknik kuantitatif yang menggunakan perbandingan data hasil pre test dan post test, sedangkan teknik kualitatif diperoleh dari refleksi proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan menggunakan media gambar. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran berhitung dikelas I SD Negeri 2 Belang Wetan Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014, dapat meningkatkan pemahaman berhitung pada siswa. Hal tersebut diindikasikan dari pencapaian target pada siklus I yang tanpa menggunakan media gambar rata-rata pre test 50,52; post test 56,23; siklus II dengan media gambar rata-rata pre test 52,42; post test 60,04; siklus III juga dengan media gambar rata-rata pre test 70,52; post test 84,80 dan sesuai dengan indikator kinerja, yakni 80% siswa mampu mencapai hasil belajar berhitung > 60. Berdasarkan analisis hasil tindakan III, dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa dengan penggunaan media gambar dapat meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21648

Actions (login required)

View Item View Item