PENGEMBANGAN TRAINER KIT FLEKSIBEL UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROKONTROLLER DAN ROBOTIK PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Wisnu, Tri Nugroho (2015) PENGEMBANGAN TRAINER KIT FLEKSIBEL UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROKONTROLLER DAN ROBOTIK PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Wisnu Tri Nugroho-10518241025.pdf

Download (185MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN TRAINER KIT FLEKSIBEL UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROKONTROLLER DAN ROBOTIK PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: Wisnu Tri Nugroho 10518241025 ABSTRAK Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Trainer kit Fleksibel untuk mata pelajaran Teknik Mikrokontroller dan Robotik Kompetensi Dasar Operasi Putar dan Geser dan Program Deret LED pada Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) ADDIE yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Tahap Analyze mendapatkan kesenjangan yang cukup besar dalam proses belajar mengajar. Proses Design dilakukan untuk mengkaji ulang tujuan pembelajaran dan strategi tes. Pada tahap Develop, media yang sudah terbentuk secara nyata menjalani beberapa ujicoba untuk kemudian dilakukan validasi dan ujicoba terbatas. Pada tahap validasi mendapatkan kategori “LAYAK” dan “SANGAT LAYAK”. Pada tahap ujicoba terbatas mendapatkan kategori “LAYAK”. Tahap Implement dilakukan pada kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Tahap Evaluate menggunakan instrument angket dengan skala Likert empat pilihan untuk mengukur persepsi responden terhadap Trainer kit Fleksibel. Hasil penelitian kelayakan media pembelajaran Trainer kit Fleksibel ditinjau dari tiga aspek yaitu: (1) Aspek kualitas materi mendapatkan persentase skor 78,35% dengan kategori “LAYAK”; (2) Aspek pengoprasia media mendapatkan persentase skor 68,19% dengan kategori “LAYAK”; (3) Aspek pembelajaran mendapatkan persentase skor 79,09% dengan kategori “LAYAK”. Total penilaian semua aspek mendapatkan persentase skor 75,21% dengan kategori “LAYAK” sehingga media pembelajaran Trainer kit Fleksibel layak digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran Teknik Mikrokontroller dan Robotik Kompetensi Dasar Operasi Putar dan Geser dan Program Deret LED pada Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Kata kunci :ADDIE, Trainer kit Fleksibel, media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2015 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 00:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21646

Actions (login required)

View Item View Item