PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 KARANGANYAR

Widya, Nanda G. Putri (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 KARANGANYAR. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Widya Nanda G Putri 09513241021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 KARANGANYAR Oleh : Widya Nanda G. Putri 09513241021 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E I untuk meningkatkan hasil belajar Kewirausahaan di kelas X Program Studi Tata Busana SMK N 1 Karanganyar ; 2) peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas X Program Studi Tata Busana SMK N 1 Karanganyar; 3) peningkatan hasil belajar kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas X Program Studi Tata Busana SMK N 1 Karanganyar Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis Mc. Taggart yang memiliki tiga tahapan meliputi , perencanaan , tindakan dan observasi, serta refleksi. Subyek penelitian adalah 35 siswa kelas X Busana Butik 2 di SMK N 1 Karanganyar. Metode pengumpulan data dengan lembar observasi , tes piliha ganda dan uraian dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan jugdement expert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa ; 1) pelaksanaan pembelajaran dengan model belajar Learning Cycle 5E hanya terlaksana 86%, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua meningkat menjadi 97%; 2) partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran kewirausahaan meningkat 20 % pada kategori baik setelah dilakukan model Learning Cycle 5E ; 3) pada siklus pertama hasil belajar siswa 56% sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minnimum (KKM). Hasil belajar kewirausahaan pada siklus kedua meningkat 41% dengan prosentase 97% atau 34 orang siswa sudah mencapai Kriteria Kentutasan Minimum (KKM) 7,5. Dengan demikian model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : hasil belajar, kewirausahaan , model pembelajaran , learning cycle 5E.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2015 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 00:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21631

Actions (login required)

View Item View Item