Widya, Nanda G. Putri (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 KARANGANYAR. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Widya Nanda G Putri 09513241021.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA SISWA KELAS X DI SMK N 1 KARANGANYAR Oleh : Widya Nanda G. Putri 09513241021 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E I untuk meningkatkan hasil belajar Kewirausahaan di kelas X Program Studi Tata Busana SMK N 1 Karanganyar ; 2) peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas X Program Studi Tata Busana SMK N 1 Karanganyar; 3) peningkatan hasil belajar kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas X Program Studi Tata Busana SMK N 1 Karanganyar Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis Mc. Taggart yang memiliki tiga tahapan meliputi , perencanaan , tindakan dan observasi, serta refleksi. Subyek penelitian adalah 35 siswa kelas X Busana Butik 2 di SMK N 1 Karanganyar. Metode pengumpulan data dengan lembar observasi , tes piliha ganda dan uraian dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan jugdement expert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa ; 1) pelaksanaan pembelajaran dengan model belajar Learning Cycle 5E hanya terlaksana 86%, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua meningkat menjadi 97%; 2) partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran kewirausahaan meningkat 20 % pada kategori baik setelah dilakukan model Learning Cycle 5E ; 3) pada siklus pertama hasil belajar siswa 56% sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minnimum (KKM). Hasil belajar kewirausahaan pada siklus kedua meningkat 41% dengan prosentase 97% atau 34 orang siswa sudah mencapai Kriteria Kentutasan Minimum (KKM) 7,5. Dengan demikian model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : hasil belajar, kewirausahaan , model pembelajaran , learning cycle 5E.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 26 Jun 2015 02:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21631 |
Actions (login required)
View Item |