IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMKN 2 WONOSARI

Wahyudi, Wahyudi (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMKN 2 WONOSARI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
WAHYUDI 10505241007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMKN 2 WONOSARI Oleh: Wahyudi NIM 10505241007 ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) mengetahui pemahaman guru Program Keahlian Teknik Bangunan di SMKN 2 Wonosari mengenai komponen yang ada dalam RPP Kurikulum 2013, (2) mengetahui hambatan yang dialami guru Program Keahlian Teknik Bangunan di SMKN 2 Wonosari dalam menyusun RPP Kurikulum 2013, (3) mengetahui Implementasi penyusunan RPP yang sesuai Kurikulum 2013 pada Program Keahlian Teknik Bangunan di SMKN 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian atau unit analisisnya adalah implementasi penyusunan RPP Kurikulum 2013 dan guru yang dijadikan responden adalah guru mata pelajaran teori produktif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif dengan metode Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman mengenai komponen dalam penyusunan RPP masih banyak masalah, 37,5% responden masih belum memahami tentang KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4, 37,5% masih belum memahami metode pembelajaran Kurikulum 2013, 12,5% masih belum memahami perbedaan RPP Kurikulum 2013 dengan RPP KTSP dan seluruh responden sudah memahami sistem penilaian Kurikulum 2013 ; (2) Sebagian besar faktor penghambat penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah, sebanyak 87,5% mengalami hambatan dalam memahami sistematika & komponen RPP 2013, 75% mengalami hambatan dalam mengembangkan metode pembelajaran, 50% mengalami hambatan dalam menentukan media, alat dan sumber belajar dan 75% mengalami hambatan dalam menyusun sistem penilaian yang sesuai dengan Kurikulum 2013 sedangkan responden yang merasa tidak mengalami hambatan sebanyak 12,5%; (3) implementasi Kurikulum 2013 pada penyusunan RPP teralisasikan sebanyak 75% guru sudah menyusun RPP namun masih merasa ada hambatan dan masih kurang pemahaman mengenai komponen yang ada didalam RPP, serta 25% guru masih dalam proses menyusun RPP Kurikulum 2013. Kata kunci: (1) implementasi, (2) Kurikulum 2013, (3) penyusunan RPP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 00:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21621

Actions (login required)

View Item View Item