PENGELOLAAN JADWAL SISTEM BELAJAR MOVING CLASS (KELAS BERPINDAH) SMA NEGERI 3 BANTUL SEBAGAI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI

Wahyu, Widyaningsih (2015) PENGELOLAAN JADWAL SISTEM BELAJAR MOVING CLASS (KELAS BERPINDAH) SMA NEGERI 3 BANTUL SEBAGAI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Wahyu Widyaningsih 07520241040.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGELOLAAN JADWAL SISTEM BELAJAR MOVING CLASS (KELAS BERPINDAH) SMA NEGERI 3 BANTUL SEBAGAI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI Oleh : Wahyu Widyaningsih 07520241040 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alokasi waktu yaitu jumlah total alokasi waktu untuk melakukan perpindahan ruang bagi siswa dan guru dan tingkat penggunaan ruang mata pelajaran sebelum dan setelah dilakukan pengembangan jadwal dengan penetapan ruang sebagai pertimbangan dalam memaksimalkan penggunaan ruang mata pelajaran dalam pelaksanaan proses KBM dengan sistem pembelajaran moving class (kelas berpindah) pada Jadwal Khusus Jelang UN Tahun 2011di SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/ RnD) pendidikan yang terfokus pada jadwal sebagai bagian dari administrasi pendidikan yaitu administrasi kurikulum. Penelitian dilakukan pada bulan Desember-Februari 2011, berlokasi di SMA Negeri 3 Bantul. Masa Uji coba sekaligus implementasi jadwal dilakukan selama 4 minggu sekaligus revisi pada setiap minggu masa uji coba dan implementasi. Aspek yang diteliti yaitu, alokasi waktu yang digunakan siswa dan guru untuk melakukan perpindahan ruang serta tingkat penggunaan ruang masing-masing mata pelajaran. Perhitungan alokasi waktu didasarkan pada asumsi-asumsi data yang disusun peneliti yang berpedoman pada hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan alokasi waktu perpindahan siswa dan guru mengalami penurunan dari kondisi sebelum ke setelah penetapan ruang. Untuk siswa, persentase penurunannya adalah 16.67 % untuk hari Senin, 39.41 % untuk hari Selasa, 29.44% untuk hari Rabu, 32.38 % untuk hari Kamis, 25.49 % untuk hari Jumat dan 37.30 % untuk hari Sabtu. Untuk guru, persentase penurunannya adalah 67.90 % untuk hari Senin, 61.11 % untuk hari Selasa, 70.43 % untuk hari Rabu, 54.67 % untuk hari Kamis, 69.57 % untuk hari Jumat dan 63.48 % untuk hari Sabtu. Sedangkan untuk tingkat penggunaan ruang cenderung mengalami peningkatan yaitu Ruang Matematika 5.80 %; Ruang Bahasa Jawa 50.00 %; Ruang Pendidikan Agama Islam 40.00 %, Ruang Kimia (Non Lab) 28.21 %; Ruang Ekonomi 22.22 %; Ruang Geografi 37.50 %; Ruang Fisika (Non Lab) 33.33 %; Ruang Bahasa Inggris (+ Conversation) 9.38 %; Ruang Sosiologi 34.62 %; Ruang PKn 50.00 %; Ruang Bahasa Indonesia 42.31 %; Ruang Biologi 14.29 %; dan Ruang Sejarah 3.57 %. Kata kunci : moving class, jadwal, alokasi perpindahan ruang, tingkat penggunaan ruang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 00:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21619

Actions (login required)

View Item View Item