HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 KLATEN

Wahyu, Hidayat (2015) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
WAHYU HIDAYAT 08504241029.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 KLATEN Oleh : Wahyu Hidayat NIM. 08504241029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara Pemanfaatan Perpustakaan dengan Hasil Belajar (2) hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar (3) hubungan antara Pemanfaatan Perpustakaan dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama dengan Hasil Belajar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian ekspos fakto menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 64 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Pada variabel pemanfaatan perpustakaan dan kemandirian belajar menggunakan angket dengan skala Likert, sedangkan variabel hasil belajar datanya diambil dengan teknik dokumentasi. Pengujian instrumen dilakukan pada variabel pemanfaatan perpustakaan dan kemandirian belajar dengan cara uji validitas dengan teknik anlisis Product Moment dari Pearson dan koefisien Alpha untuk menentukan realibilitasnya. Sebelum melakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson dan pengujian hipotesis ketiga menggunakan tekinik korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar, ditunujukan dengan rhitung 0,532 lebih besar dari rtabel 0,224 pada taraf signifikasi 5%. (2) Terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar, ditunjukan dengan rhitung0,274 besar dari rtabel 0,244 pada taraf signifikasi 5%. (3) Terdapat hubungan yang positif secara bersama-sama antara pemanfaatan perpustakaan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar, diperlihatkan dengan harga r hitung 0,542 lebih besar dari r tabel 0,244 pada taraf signifikasi 5%. Kata kunci : Perpustakaan, Kemandirian, Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 00:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

View Item View Item