Wahyu, Agustini (2015) IMPLEMENTASI MATERI AJAR MEMBUAT TEMPAT PENSIL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA JOBSHEET PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PURWOREJO. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Wahyu Agustini 06513241018.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
IMPLEMENTASI MATERI AJAR MEMBUAT TEMPAT PENSIL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA JOBSHEET PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PURWOREJO Oleh : Wahyu Agustini NIM.06513241018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menggambarkan, mengungkap, dan menganilisis : (1) implementasi materi ajar membuat tempat pensil dengan model pembelajaran langsung berbantuan media jobsheet dan pencapaian kompetensinya, (2) efektivitas implementasi materi ajar membuat tempat pensil dengan model pembelajaran langsung berbantuan media jobsheet pada pencapaian kompetensi, (3) pendapat siswa tentang implementasi materi ajar membuat tempat pensil dengan model pembelajaran langsung berbantuan media jobsheet. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif.Variabel dalam penelitian ini adalah implementasi materi ajar membuat tempat pensil dengan model pembelajaran langsung berbantuan media jobsheet.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII yang memperoleh pelajaran Muatan Lokal Tata Busana sebanyak 8 kelas.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random, maka diperoleh 2 kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, penilaian unjuk kerja untuk melihat keberhasilan perolehan nilai siswa dan angket untuk mengetahui pendapat siswa tentang implementasi materi ajar membuat tempat pensil. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)gambaran implementasi materi ajar membuat tempat pensil yaitu terdapat 55 siswa (91,67%) antusias dalam mengikuti pembelajaran, 50 siswa (83,33%) memperhatikan guru ketika melakukan demonstrasi, 55 siswa (91,67%) aktif dalam melakukan praktek, 40 siswa (66,67%) aktif bertanya, dan 54 siswa (90%) mengerjakan latihan mandiri dengan penuh tanggung jawab, pencapaian kompetensinya terdapat 4 siswa memperoleh nilai ≤6,99, 15 siswa memperoleh nilai pada rentang 7,00-7,99 dan 41 siswa memperoleh nilai pada rentang 8,00-8,99. (2)Terdapat efektivitas implementasi materi ajar membuat tempat pensil dengan model pembelajaran langsung berbantuan media jobsheet yang dapat dilihat dari nilai kompetensi siswa sebagian besar terdapat pada kategori tuntas sebanyak 56 siswa (93,33%) dan nilai kompetensi peserta didik yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (6.67%). (3)Pendapat siswa tentang implementasi materi ajar membuat tempat pensildapat dinyatakan bahwa sebagian besar terdapat pada kategori tertarik yaitu sebanyak 55 siswa (91.7%) dan pada kategori cukup tertarik sebanyak 5 siswa (8.3 %). Kata kunci : implementasi, materi membuat tempat pensil, model pembelajaran langsung, media jobsheet, pencapaian kompetensi
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
| Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
| Depositing User: | Margiyanti |
| Date Deposited: | 26 Jun 2015 01:32 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 00:09 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
