PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CONTINUOUS VARIABLE TRANSMISSION (CVT) SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO BANTUL

Wahyu, Adi Perdana (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CONTINUOUS VARIABLE TRANSMISSION (CVT) SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Wahyu Adi 09504245006.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CONTINUOUS VARIABLE TRANSMISSION (CVT) SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO BANTUL Oleh Wahyu Adi Perdana NIM. 09504245006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk media pembelajaran, mengetahui tingkat kelayakannya, dan mengetahui efektifitas produk media pembelajaran Continuous Variable Transmission (CVT) sepeda motor menggunakan Macromedia Flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari sepuluh langkah yaitu: penelitian pendahuluan, melakukan perencanaan, mendesain produk awal, menguji coba desain produk, merevisi desain produk, menguji coba produk awal, merevisi produk, menguji coba lapangan, merevisi produk akhir, dan mengimplementasikan produk. Subyek uji coba ini adalah ahli materi 1 orang dan ahli media 1 orang, semua subyek uji coba adalah dosen Teknik Otomotif UNY. Uji coba kelompok kecil 15 siswa dan uji coba lapangan 28 siswa, semua subyek uji coba adalah siswa kelas XII Jurusan Sepeda Motor. Seting penelitian mengambil tempat di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Bantul. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan menggunakan instrument berupa lembar penilaian untuk para ahli, kuesioner (angket) untuk siswa dan lembar tes CVT. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan produk media pembelajaran CVT sepeda motor, menggunakan Macromedia Flash Professional 8 dibantu dengan program pendukung lainnya, yaitu Corel Draw X4 dan Adobe Photoshop CS. Tingkat kelayakan produk ditinjau dari aspek media sebesar 21 % untuk kategori sangat layak dan 79 % untuk kategori layak. Sedangkan dari aspek materi sebesar 71 % untuk kategori sangat layak dan 29 % untuk kategori layak. Dapat disimpulkan bahwa produk media tersebut layak digunakan dalam pembelajaran. Penilaian efektifitas produk media pembelajaran menyatakan bahwa produk tersebut efektif digunakan dalam pembelajaran, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil pretest sebesar 10,75 sedangkan posttest sebesar 12,8. Produk media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 2,05 %. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, Macromedia Flash.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 00:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21611

Actions (login required)

View Item View Item