PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI BEKERJA SECARA TIM MATA PELAJARAN PELAYANAN PRIMA DI SMK N 2 GODEAN

Vicalia, Sulistiyanti (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI BEKERJA SECARA TIM MATA PELAJARAN PELAYANAN PRIMA DI SMK N 2 GODEAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Vicalia Sulistiyanti 0851324002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI BEKERJA SECARA TIM MATA PELAJARAN PELAYANAN PRIMA DI SMK N 2 GODEAN Oleh Vicalia Sulistiyanti 08513244002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pencapaian kompetensi belajar siswa kelas kontrol di SMK N 2 Godean; 2) pencapaian kompetensi belajar siswa kelas eksperimen di SMK N 2 Godean; 3) pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap pencapaian kompetensi pada kelas X Tata Busana di SMK N 2 Godean; 4) seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap pencapaian kompetensi pada kelas X Tata Busana di SMK N 2 Godean. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain penelitian Post test Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Busana SMK N 2 Godean. Untuk menentukan sampel digunakan penentuan berdasarkan rumus Solvin. Jumlah populasi 105 siswa, jumlah sampel sebanyak 82 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan test. Uji validitas instrumen tes menggunakan validitas isi, reliabilitas instrumen menggunakan KR-20 untuk soal tes sebesar 0.898, kelayakan model pembelajaran Course Review Horay menggunakan validitas judgment expert. Uji normalitas menggunakan rumus Kolomogorov-Smirnov dengan nilai 0,113 pada kelas eksperimen dan nilai 0,129 pada kelas kontrol. Uji homogenitasnya menggunakan uji F, Fhitung = 0,956. Untuk analisis data menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ketuntasan pada kelas kontrol sangat rendah yaitu 25 siswa (60,98 %) masih dibawah ketuntasan dan hanya 16 siswa (39,02%) yang masuk pada kategori tuntas; 2) Ketuntasan kelas eksperimen tinggi, sudah diatas ketuntasan yaitu sebanyak 41 siswa (100%) sudah dinyatakan tuntas yaitu mencapai nilai 7,5; 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran pada kelas eksperimen dilihat dari hasil penghitungan uji-t diperoleh nilai hitung t lebih besar dari pada tabel t ( hitung t 3,960> tabel t 1,684) dan nilai taraf signifikansi lebih kecil dari 5% (0,000 < 0,05). Pencapaian kompetensi siswa sebesar 10,24% dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap pencapaian kompetensi bekerja secara tim mata pelajaran pelayanan prima di SMK Negeri 2 Godean. Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH), Pencapaian Kompetensi Bekerja Secara Tim

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 00:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21603

Actions (login required)

View Item View Item