Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz dan Team Games Tournament (TGT) dalam Scientific Approach terhadap Sikap Ilmiah Geografi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta 1 Tahun Ajaran 2014/2015

Cahyaningtyas, Etika (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz dan Team Games Tournament (TGT) dalam Scientific Approach terhadap Sikap Ilmiah Geografi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta 1 Tahun Ajaran 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Etika.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Team Quiz terhadap sikap ilmiah geografi siswa kelas XI IPS MAN Yogyakarta 1, 2) pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap sikap ilmiah geografi siswa kelas XI IPS MAN Yogyakarta 1, 3) perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Team Quiz dan Team Games Tournament (TGT) terhadap sikap ilmiah geografi siswa kelas XI IPS MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran Team Quiz dan Team Games Tournament (TGT) dan variabel terikat berupa sikap ilmiah geografi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN Yogyakarta 1 sebanyak 95 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitian terdiri atas siswa kelas eksperimen 1 (XI IPS 3) sebanyak 32 siswa dan siswa kelas eksperimen 2 (XI IPS 1) sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Quiz terhadap sikap ilmiah geografi siswa kelas XI IPS MAN Yogyakarta 1. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t angket awal dan angket akhir sikap ilmiah geografi siswa kelas eksperimen 1 yang memiliki nilai thitung > ttabel (3,227 > 2,039) dan dilihat dari signifikansi yaitu sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05. 2) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap sikap ilmiah geografi siswa kelas XI IPS MAN Yogyakarta 1. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t angket awal dan angket akhir sikap ilmiah geografi siswa kelas eksperimen 2 yang memiliki nilai thitung > ttabel (2,534 > 2,039) dan dilihat dari signifikansi yaitu sig. (2-tailed) 0,017 < 0,05. 3) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Team Quiz dan Team Games Tournament (TGT) terhadap sikap ilmiah geografi siswa kelas XI IPS MAN Yogyakarta 1 Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t angket akhir sikap ilmiah geografi siswa kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 yang memiliki nilai thitung > ttabel (th: 2,269 > tt: 1,998) dan dilihat dari signifikansi yaitu sig. (2-tailed) 0,027 < 0,05. Kata kunci: team quiz, team games tournament (TGT), sikap ilmiah, geografi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 00:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21601

Actions (login required)

View Item View Item