UPAYA MENGURANGI KESULITAN BELAJAR PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE PADA CELANA PRIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) BERBANTUAN JOBSHEET DI SMK NEGERI 1 PANDAK

Verry, Fathanah (2015) UPAYA MENGURANGI KESULITAN BELAJAR PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE PADA CELANA PRIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) BERBANTUAN JOBSHEET DI SMK NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
VERRY FATHANAH 07513241003.pdf

Download (57MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UPAYA MENGURANGI KESULITAN BELAJAR PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE PADA CELANA PRIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) BERBANTUAN JOBSHEET DI SMK NEGERI 1 PANDAK Verry Fathanah 07513241003 Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mengurangi kesulitan belajar pembuatan saku passepoille pada celana pria melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan jobsheet di SMK Negeri 1 Pandak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan disain penelitian model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari “Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi”. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pandak. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa XI Busana Butik 2 Progam Keahlian Busana Butik. Metode Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja, dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan metode pengujian meminta pendapat para ahli (judgement expert). Uji reliabilitas menggunakan konsistensi antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar pembuatan saku passepoille pada celana pria aspek psikologi berkurang. Hal ini ditunjukan oleh tanda-tanda yang diamati pada siklus demi siklus yang berlangsung yaitu sudah tidak ada siswa yang datang terlambat dan membolos sebelum jam pelajaran berakhir. Siswa mulai antusias dan benar-benar mengerjakan tugas secara kerja kelompok setelah adanya informasi dari guru bahwa pekerjaan tidak boleh dibawa pulang. Kesulitan belajar pembuatan saku passepoille pada celana pria aspek materi juga berkurang. Hal ini ditunjukan bahwa secara garis besar kesulitan belajar pembuatan saku passepoille pada celana pria aspek materi dari sebelum tindakan, siklus pertama, dan siklus kedua terletak pada pembuatan klep dan passepoille tetapi setelah diberikan tindakan secaara kuantitas jumlah siswa yang mengalami kesulitan pembuatan saku passepoille pada celana pria berkurang. Jika dilihat dari pencapaian kompetensi berdasarkan KKM sebelum tindakan 54,84 % atau 17 siswa sudah memenuhi KKM, dan pada siklus pertama setelah dikenai tindakan meningkat menjadi 77,42% atau 24 siswa sudah memenuhi KKM dan pada siklus kedua meningkat lagi menjadi 100% atau seluruh siswa sudah memenuhi KKM. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisten Individualization) dapat mengurangi kesulitan belajar pada pembuatan saku passepoille pada celana pria dan meningkatkan kompetensinya. Kata kunci: kesulitan belajar, pembuatan saku passepoille pada celana pria dan kooperatif tipe TAI (Team Assisten Individualization).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:08
Last Modified: 30 Jan 2019 00:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21599

Actions (login required)

View Item View Item