PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR BANGUNAN GEDUNG, RAB & DOKUMEN PROYEK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Usfatun, Nur Fajriyani (2015) PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR BANGUNAN GEDUNG, RAB & DOKUMEN PROYEK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Uswatun Nur Fajriyani 10505244035.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR BANGUNAN GEDUNG, RAB & DOKUMEN PROYEK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK N 2 YOGYAKARTA Oleh: Usfatun Nur Fajriyani NIM. 10505244035 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran tentang prestasi belajar mata pelajaran Gambar Bangunan Gedung, RAB & Dokumen Proyek, kemandirian belajar dan kesiapan kerja siswa kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Yogyakarta, (2) mengetahui pengaruh prestasi mata pelajaran Gambar Bangunan Gedung, RAB & Dokumen Proyek terhadap kesiapan kerja siswa, (3) mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kesiapan kerja siswa, (4) mengetahui pengaruh prestasi mata pelajaran Gambar Bangunan Gedung, RAB & Dokumen Proyek dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa, (5) mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Responden dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Yogyakarta yang berjumlah 65 orang. Data dikumpulkan dengan angket, dokumentasi dan wawancara. Pengujian prasyarat analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) prestasi mata pelajaran Gambar Bangunan Gedung, RAB & Dokumen Proyek berada dalam kriteria tuntas dengan kriteria nilai lebih besar dari 76 (batas tuntas), kemandirian belajar termasuk dalam kriteria cukup, dan kesiapan kerja dalam kriteria cukup, (2) prestasi mata pelajaran Gambar Bangunan Gedung, RAB & Dokumen Proyek berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan kontribusi sebesar 9%, (3) kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan kontribusi sebesar 23%, (4) prestasi mata pelajaran Gambar Bangunan Gedung, RAB & Dokumen Proyek dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan kontribusi sebesar 26,1%, (5) Usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Yogyakarta yaitu; memberikan banyak tugas, siswa diberikan kebebasan untuk mengerjakan tugas, siswa dituntut mencari referensi sendiri untuk menyelesaikan tugas, siswa yang hanya mengcopy tugas dari siswa lain tidak naik kelas dan siswa mencari tempat praktek industri sendiri, guru hanya menunjukkan. Kata kunci: prestasi belajar mata pelajaran Gambar Bangunan Gedung, RAB & Dokumen Proyek, kemandirian belajar, dan kesiapan kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:05
Last Modified: 30 Jan 2019 00:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21598

Actions (login required)

View Item View Item