C. Rani, Widihastuti (2015) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
C. Rani Widihastuti.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan sekolah dan minat baca siswa di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Moyudan yang meliputi aspek sarana, pelayanan dan suasana perpustakaan. Sarana yang dimaksud antara lain buku, ruang membaca, sarana pencarian buku dan koleksi perpustakaan. Pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan dalam pencarian, peminjaman dan pengembalian buku. Suasana yang dimaksud adalah suasana yang nyaman dan menyenangkan yang membuat siswa betah berada di perpustakaan. Minat baca ditunjukkan dengan keinginan yang kuat untuk melakukan kegiatan membaca. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Sampel penelitian ini adalah SMPN I, SMPN II, SMP Muhammadiyah I dan SMP Pangudi Luhur Moyudan. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, petugas perpustakaan dan siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara,observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sarana perpustakaan di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Moyudan, ada yang sudah baik dan ada yang masih kurang baik. Sementara untuk koleksi perpustakaan ada yang sudah lengkap, tetapi masih ada yang kurang lengkap. Namun demikian secara umum jumlah koleksi perpustakaan mencukupi kebutuhan siswa. Hal ini diketahui dari nilai presentase jawaban subyek terhadap angket mengenai sarana perpustakaan. (2) Pelayanan perpustakaan di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Moyudan, sudah baik. Hal ini diketahui dari nilai presentase jawaban subyek terhadap angket mengenai pelayanan perpustakaan yang secara umum menyatakan pelayanan perpustakaan di sekolahnya baik. (3) Suasana perpustakaan di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Moyudan, secara umum sudah baik. Hal ini diketahui dari nilai presentase jawaban subyek terhadap angket mengenai suasana perpustakaan yang secara umum menyatakan Susana perpustakaan di sekolahnya baik. (4) Minat baca siswa di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Moyudan, tinggi. Hal ini diketahui dari nilai presentase jawaban subyek terhadap angket mengenai minat baca yang secara umum menyatakan minat baca di sekolahnya tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 03:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21596 |
Actions (login required)
View Item |