BrendaAstarina, Putri (2015) KINERJA PEGAWAI DALAMMELAKSANAKANTUGAS POKOK PADADINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Brenda Astarina Putri.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai dalam melaksanakan tugas pokok pada Dinas Pendidikan, yang meliputi tugas pokok penyusunan kurikulum dan pengendalian mutu pendidikan, pembinaan dan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, dan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan, serta kendala yang dialami dan upaya yang dilakukan pegawai dalam melaksanakan tugas pokok di Dinas Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling dari bidang yang ada di Dinas Pendidikan, sehingga sumber datanya adalah pegawai di tiga bidang yaitu Bidang PAUD, DIKDAS dan DIKMEN yang memiliki tugas pokok yang sama berjumlah 46 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptifkuantitatifdenganteknik persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa kinerja pegawai dalam melaksanakan tugas pokok pada Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo kategori tinggi dengan presentase 63,65%, jika ditinjau per bidang, maka: 1) Kinerja pegawai bidang DIKMEN dalam melaksanakan tugas pokok kategori tinggi dengan presentase 63,76%, 2) Kinerja pegawai bidang DIKDAS dalam melaksanakan tugas pokok kategori cukup dengan presentase 62,22%, 3) Kinerja pegawai bidang PAUD dalam melaksanakan tugas pokok kategori tinggi dengan presentase 64,98%. Kendala yang dialami pegawai dalam melaksanakan tugas pokoknya, yaitu: dana yang terbatas, sarana prasarana yang kurang mendukung, SDM yang kurang kompeten, waktu yang serba mendadak terkait dengan pertanggungjawaban kegiatan dan laporan lainnya. Upaya yang dilakukan pegawai dalam melaksanakan tugas pokoknya, yaitu: penggunaan dana yang ada seefisien mungkin/skala prioritas, sarana prasarana digunakan secara optimal, SDM yang ada diberikan pembinaan dan bimbingan dalam melaksanakan tugas, memberlakukanhari efektif5hari kerja.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 03:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21591 |
Actions (login required)
View Item |