PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI LETAK WILAYAH DAN PENGARUHNYA BAGI KEADAAN ALAM INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VII

SETYAWATI, INTAN (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI LETAK WILAYAH DAN PENGARUHNYA BAGI KEADAAN ALAM INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 10416241020.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis komputer menggunakan software Macromedia Flash pada materi letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia untuk siswa SMP kelas VII; (2) mengetahui kualitas media pembelajaran IPS berbasis komputer dilihat dari aspek materi dan aspek media; dan (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran IPS berbasis komputer berdasarkan tanggapan dari siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model Borg & Gall. Dari sepuluh tahap pengembangan dilakukan sembilan tahap, yaitu tahap: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draf produk; (4) uji coba lapangan awal dengan subjek uji coba 5 siswa; (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan dengan subjek uji coba 10 siswa; (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji coba pelaksanaan lapangan dengan subjek uji coba 32 siswa; dan (9) penyempurnaan produk akhir. Data yang dikumpulkan adalah data hasil validasi ahli materi dan ahli media serta uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi dan media serta lembar angket/kuesioner untuk subjek uji coba. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan media pembelajaran IPS berbasis komputer melalui tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, uji coba pelaksanaan lapangan, dan penyempurnaan produk akhir, sehingga dihasilkan media pembelajaran IPS berbasis komputer menggunakan Macromedia Flash pada materi letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia untuk siswa SMP kelas VII; (2) kualitas media dilihat dari hasil validasi ahli materi yaitu 4,05 dengan kategori baik, hasil validasi ahli media yaitu 4,11 dengan kategori baik; dan (3) kelayakan media dilihat dari tanggapan siswa pada uji coba lapangan awal sebesar 4,5 dengan kategori sangat baik, rata-rata skor pada uji coba lapangan sebesar 4,4 dengan kategori sangat baik, rata-rata skor pada uji coba pelaksanaan lapangan sebesar 4,5 dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Media pembelajaran berbasis komputer, IPS, Macromedia Flash.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 26 Jun 2015 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 00:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21588

Actions (login required)

View Item View Item