PENGEMBANGAN PEMIKIRAN KRITIS DAN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Novitasari, Anindita Trinura (2015) PENGEMBANGAN PEMIKIRAN KRITIS DAN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA".

[img]
Preview
Text
01 Anindita Trinura Novitasari.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan dengan peningkatan mutu pendidikan. Perubahan paradigma pendidikan yang dahulu berpusat pada guru perlu dilakukan reformasi menjadi berpusat pada siswa. Proses pembelajaran ekspositori yang banyak menekankan pada aspek pengetahuan dan pemahaman kini menuju metode pembelajaran yang inovatif, aktif, dan kreatif. Salah satu model pembelajaran yang mengaktifkan siswa adalah kontekstual teaching and learning (CTL). CTL sebagai model pembelajaran yang banyak dipengaruhi oleh filsafat konstruktivisme. CTL adalah strategi pembelajaran yang menghubungkan pengetahuan pelajar dengan situasi kehidupan nyata. CTL menerapkan 7 komponen pembelajaran efektif, yaitu: Konstruktivistik, Inquiry, question, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, penilaian nyata. Melalui model pembelajaran CTL siswa diarahkan untuk berpikir kritis dan kreatif. Siswa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan kehidupan nyata, sehingga mendorong siswa untukmenerapkannya dan terbentuk pengetahuan baru.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:15
Last Modified: 02 Jul 2015 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item View Item