PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 PUNGGELAN BANJARNEGARA

Febrianto, Indra (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 PUNGGELAN BANJARNEGARA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
INDRA FEBRIANTO_10108241014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas III SD Negeri 2 Punggelan Banjarnegara setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis powerpoint. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Punggelan Banjarnegara yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan angket motivasi belajar IPS. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia berbasis powerpoint dalam proses pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa ditinjau dari hasil angket motivasi belajar IPS. Persentase siswa pada pre-action menunjukkan 65,39% siswa memiliki motivasi belajar IPS dalam kategori rendah, 34,61% siswa dalam kategori sedang, dan 0% siswa dalam kategori tinggi. Peningkatan terjadi pada siklus I, persentase siswa pada siklus I menunjukkan 0% siswa memiliki skor motivasi belajar IPS dalam kategori rendah, 50% siswa dalam kategori sedang, dan 50% siswa dalam kategori tinggi. Maka siswa yang memiliki motivasi belajar IPS dalam kategori tinggi belum mencapai ≥75%, sehingga tindakan dilanjutkan. Pada siklus II, persentase siswa meningkat yaitu 0% siswa memiliki motivasi belajar IPS dalam kategori rendah, 19,23% dalam kategori sedang, dan 80,77% siswa dalam kategori tinggi. Maka persentase siswa yang memiliki kategori motivasi belajar IPS sudah memenuhi ≥75% dari jumlah siswa, sehingga tindakan berhasil. Kata kunci: motivasi belajar IPS, multimedia berbasis powerpoint

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 00:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item View Item