PELAKSANAAN KEMITRAAN PENDIDIKAN UNTUK MAHASISWA STRATA SATU (S1) DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Broto, Seno (2013) PELAKSANAAN KEMITRAAN PENDIDIKAN UNTUK MAHASISWA STRATA SATU (S1) DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Broto Seno_NIM 09110241009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih dalam pelaksanaan kemitraan pendidikan untuk mahasiswa strata satu (S1) di Universitas Negeri Yogyakarta yang lebih difokuskan pada kemitraan pendidikan luar negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari satu orang wakil rektor bidang hubungan kerja sama dan mitra kerja, dua orang staf bidang internasional dan kemitraan, empat orang wakil dekan bidang kemahasiswaan, sembilan orang mahasiswa S1, dan tiga orang mahasiswa asing program kemitraan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kajian dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model alir Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kemitraan pendidikan luar negeri untuk mahasiswa S1 di UNY memenuhi enam dari sembilan indikator keberhasilan strategis kemitraan. Enam indikator tersebut adalah long-term, strategic, mutual trust, sustainable competitive advantage, mutual benefit for all the partners, dan separate and positive impact. Indikator yang belum tercapai adalah cooperative development, successful, dan world class/best practice. Hasil ini diperoleh berdasarkan pembahasan empat rumusan masalah, yaitu: 1) Implementasi dan perkembangan kemitraan pendidikan luar negeri sudah berjalan cukup baik, namun belum maksimal; 2) Manfaat pelaksanaan kemitraan pendidikan luar negeri adalah memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, pengalaman perbandingan secara institusi kepada setiap fakultas, dan meningkatkan jaringan kemitraan pendidikan UNY menuju World Class University; 3) Tindak lanjut kemitraan pendidikan luar negeri adalah melakukan strategi pengembangan melalui peningkatan pengelolaan kemitraan; 4) Faktor pendukung kemitraan pendidikan luar negeri adalah dukungan dari UNY, mitra UNY dan masyarakat. Faktor penghambat kemitraan pendidikan luar negeri adalah pengelolaan yang belum berjalan maksimal. Kata kunci: Kemitraan, pendidikan, mahasiswa, UNY

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 00:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21579

Actions (login required)

View Item View Item