IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA BOSDI SD N REJOSARI DAN SDIT AL-I’TISHAM KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Ebni, Sholikhah (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA BOSDI SD N REJOSARI DAN SDIT AL-I’TISHAM KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Ebni Sholikhah 09110241016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar Negeri (SD N) Rejosari dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-I’tisham Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan penelitian yaitu; kepala sekolah, bendahara, komite sekolah dan orang tua/ wali murid kedua sekolah, bendahara pembantu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) TK & SD Kecamatan Tanjungsari, dan Kasi bina pendidik & kurikulum bidang TK & SD Disdikpora Kabupaten Gunungkidul. Penentuan informan menggunakan metode purposive. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan teknik Miles & Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebijakan dana BOS di SD N Rejosari telah diimplementasikan sesuai dengan juknis BOS a) RKAS disiapkan draftnya oleh bendahara kemudian dimusyawarahkan dalam rapat sekolah, b) penerimaan dana berasal dari BOS Pusat, Provinsi, Kabupaten dan non-BOS dari wali murid, pengeluaran untuk delapan standar sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan kebutuhan lain sesuai pungutan dari wali murid, pelaporan dilakukan tiap akhir tahun kepada tim manajeman BOS sesuai dengan format yang telah ditentukan, c) kendala, perbedaan jumlah uang yang diterima dengan yang seharusnya diterima karena ada siswa pindahan atau kenaikan kelas pada triwulan berjalan, cara mengatasi dengan melaporkan jumlah siswa yang sebenarnya kepada tim manajeman BOS baik online maupun manual pada triwulan berikutnya. (2) Kebijakan dana BOS di SDIT Al-I’tisham telah diimplementasikan sesuai dengan juknis BOS a) penyusunan RKAS dikerjakan oleh bendahara dengan koordinasi kepala sekolah, b) penerimaan dana BOS dari Pusat serta Provinsi dan non-BOS dari yayasan, donatur, dan wali murid, pengeluaran dana BOS dan yayasan untuk delapan standar sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP), pengeluaran dana dari donatur dan wali murid menyesuiakan dengan tujuan diberikannya dana, pelaporan kepada tim manajemen BOS kabupaten setiap ahir tahun anggaran sesuai ketentuan dan kepada yayasan sebagai tembusan, laporan kepada donatur jika pihak tersebut meminta, c) kendala yang timbul adalah kekurangan dana dalam melaksanakan program, cara mengatasinya dengan memenuhi kekurangan tersebut dengan dana dari yayasan, donatur, atau dipenuhi sendiri oleh pihak sekolah. Kata kunci: implementasi kebijakan, BOS, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 00:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21578

Actions (login required)

View Item View Item