IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI TK NEGERI PEMBINA KEBUMEN

Titis, Trisnowati (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI TK NEGERI PEMBINA KEBUMEN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Titis Trisnowati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pendidikan karakter dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi program pendidikan karakter di TK Negeri Pembina Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian di TK Negeri Pembina Kebumen yang berlokasi di Jalan Indrakila No. 36 Kebumen. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, 6 guru, 9 orang tua peserta didik, dan peserta didik. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi program pendidikan karakter belum dilaksanakan secara maksimal; (2) Faktor pendukung implementasi program pendidikan karakter di sekolah tersebut meliputi beberapa tenaga guru yang telah mengikuti sosialisasi dan pelatihan dari Dinas tingkat provinsi, terbentuknya program-program pendidikan karakter, dan tata tertib peserta didik. Kemudian dari segi sarana dan prasarana sudah mencukupi, seperti ruang kepala sekolah, ruang tamu, ruang guru, ruang komputer, ruang tata usaha, ruang UKS, ruang perlengkapan ekstrakulikuler, mushola, 5 ruang kelas, tempat cuci tangan, dapur, kamar mandi guru, kamar mandi siswa putra dan putri, gudang, perpustakaan, dan aula; (3) Faktor penghambatnya seperti beberapa guru yang belum memenuhi syarat sebagai guru, tidak adanya pengajar pendamping di kelas, tidak idealnya jumlah siswa setiap kelas, media pembelajaran visual belum tersedia terkait program pendidikan karakter, beberapa program pendidikan karakter (disiplin, mandiri, cinta tanah air, bersahabat, dan peduli lingkungan) kurang optimal dalam pelaksanaannya. Hal ini disebabkan kurangnya kesesuaian antara pembelajaran di sekolah dan di rumah. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 00:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21577

Actions (login required)

View Item View Item