PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARTU KATA DAN GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA PLAYEN II KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Kumalasari, Eka (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARTU KATA DAN GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA PLAYEN II KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Eka Kumalasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat permainan edukatif kartu kata dan gambar yang layak untuk anak kelompok B di TK ABA Playen II Kabupaten Gunungkidul. Alat permainan edukatif kartu kata dan gambar dalam penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai penunjang perkembangan potensi anak dalam aspek bahasa khususnya keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah penelitian. Namun, pada penelitian ini hanya melakukan sembilan langkah, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan dan penyempurnaan produk akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK ABA Playen II Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 20 anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi langsung dan angket. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat permainan edukatif kartu kata dan gambar untuk anak kelompok B di TK ABA Playen II Kabupaten Gunungkidul sebagai penunjang perkembangan bahasa anak khususnya keterampilan berbicara ini dinyatakan layak. Kelayakan media dibuktikan dengan hasil uji validasi materi dengan rata-rata (4,1) dan uji validasi ahli media dengan rata-rata (4,71). Penilaian kelayakan media juga diperkuat dengan hasil uji coba lapangan awal dengan skor rata-rata (4,44), uji coba lapangan utama dengan skor rata-rata (4,53) dan uji coba lapangan operasional dengan skor rata-rata (4,55). Hasil keseluruhan penilaian uji coba alat permainan edukatif kartu kata dan gambar dinyatakan layak digunakan untuk anak kelompok B di TK ABA Playen II Kabupaten Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21570

Actions (login required)

View Item View Item