Peningkatan Pemahaman Konseptual, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran IPA melalui Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Project-Based Learning Kelas VII di SMP Muhammadiyah Banguntapan

Raulita, Dima (2015) Peningkatan Pemahaman Konseptual, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran IPA melalui Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Project-Based Learning Kelas VII di SMP Muhammadiyah Banguntapan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dima-raulita-13708251090.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk LKS; (2) mengetahui kelayakan LKS yang dikembangkan; (2) mengetahui efektivitas LKS dalam meningkatkan pemahaman konseptual, keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan research & development dengan model pengembangan dari Borg & Gall (1983) yang terdiri atas tahapan prosedur pengembangan yakni (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) penyusunan draf produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan uji coba, dan (6) kajian akhir produk. Subjek uji coba terbatas yaitu 38 siswa kelas VII B, sedangkan subjek uji coba lebih luas yaitu 76 siswa kelas VII C dan VII E SMP Muh. Banguntapan Bantul. Pengambilan data menggunakan metode observasi, angket, dan tes. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan LKS, soal pemahaman konseptual, lembar observasi keterampilan berpikir kritis dan soal berpikir kritis, lembar observasi sikap ilmiah, lembar angket sikap ilmiah, lembar penilaian proyek, dan lembar keterlaksanaan proses pembelajaran. Hasil penilaian kelayakan LKS, observasi, dan angket dikonversi menggunakan skala 4. Hasil pencapaian pemahaman konseptual, keterampilan berpikir kritis, dan sikap ilmiah dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil uji terbatas dianalisis dengan model Rasch dan uji paired sample t-test sementara analisis perbedaan pencapaian siswa dianalisis dengan uji MANOVA. Hasil penelitian ini berupa produk LKS dengan kelayakan produk mendapatkan nilai A dan rerata skor total ≥ 3,1. Peningkatan pemahaman konseptual siswa, keterampilan berpikir, dan sikap ilmiah ditinjau dari hasil paired sample t-test dengan signifikansi kurang dari α yakni 0,000 yang mana berdasarkan hasil paired sample correlation yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan LKS berbasis PjBL memberikan kontribusi sebesar 72,25% pada peningkatan pemahaman konseptual; 77,61% pada peningkatan keterampilan berpikir kritis, dan 65,90% pada peningkatan sikap ilmiah. Berdasarkan uji MANOVA yang dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan pencapaian pemahaman konseptual, keterampilan berpikir kritis, dan sikap ilmiah siswa antara kelas yang menggunakan LKS berbasis PjBL dengan kelas yang tidak menggunakan LKS dalam hal setelah mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: lembar kegiatan siswa (LKS), project-based learning, pemahaman konseptual, keterampilan berpikir kritis, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:08
Last Modified: 09 May 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21562

Actions (login required)

View Item View Item