PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL LINE FOLLOWER ROBOT DENGAN KENDALI MICROCONTROLLER PADA EKSTRAKURIKULER ROBOTIKA SMK NEGERI 1 BANTUL YOGYAKA

Trubus, Nugroho (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL LINE FOLLOWER ROBOT DENGAN KENDALI MICROCONTROLLER PADA EKSTRAKURIKULER ROBOTIKA SMK NEGERI 1 BANTUL YOGYAKA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TRUBUS 12502247005.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL LINE FOLLOWER ROBOT DENGAN KENDALI MICROCONTROLLER PADA EKSTRAKURIKULER ROBOTIKA SMK NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA Oleh : Trubus Nugroho 12502247005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Membuat suatu modul line follower robot dengan kendali microcontroller; 2) Mengetahui kelayakan modul line follower robot dengan kendali microcontroller yang layak dipergunakan sebagai bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Objek penelitian ini adalah modul line follower robot dengan kendali microcontroller. Tahap pembuatan modul meliputi 1). Analisis kebutuhan, 2) Pengumpulan referensi, 3) Desain, 4) Penyusunan modul, 5) Validasi, 6) Revisi, 7) Uji coba pemakaian, 8) Revisi, 9) Produksi modul. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Adapun validasi media modul pembelajaran melibatkan dua ahli materi pembelajaran dan dua ahli media pembelajaran. Selain itu uji coba pemakaian dilakukan oleh 30 peserta ekstrakurikuler robotika. Teknik analisis data untuk kelayakan modul menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: proses pembuatan modul line follower robot dengan kendali microcontroller, dibuat berdasarkan 9 langkah tahapan pengembangan modul. Hasil validasi isi oleh dua orang ahli materi dilihat dari aspek materi dan penyajian secara keseluruhan memperoleh validitas sebesar 87,71%, dengan kategori sangat layak. Validasi konstruk oleh dua orang ahli media pembelajaran ditinjau dari aspek kualitas bahasa, ilustrasi dan grafika secara keseluruhan memperoleh validitas sebesar 92,49% dengan kategori sangat layak. Sedangkan uji pemakaian oleh peserta didik ditinjau dari aspek kualitas penyajian, bahasa, ilustrasi, grafika dan manfaat secara keseluruhan mendapatkan validitas sebesar 83,53% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul line follower robot dengan kendali microcontroller layak dan sesuai untuk digunakan sebagai bahan ajar ekstrakurikuler robotika SMK Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Kata kunci : modul pembelajaran, line follower robot, microcontroller

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Jun 2015 07:10
Last Modified: 30 Jan 2019 00:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item View Item