PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR MEMBERIKAN BANTUAN UNTUK PELANGGAN SECARA INTERNAL DAN EKSTERNAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DI SMK N 1 PANDAK

Tri, Yuni Asih (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR MEMBERIKAN BANTUAN UNTUK PELANGGAN SECARA INTERNAL DAN EKSTERNAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DI SMK N 1 PANDAK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Tri_Yuni_Asih_Asih 10513244003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR MEMBERIKAN BANTUAN UNTUK PELANGGAN SECARA INTERNAL DAN EKSTERNAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DI SMK N 1 PANDAK Tri Yuni Asih NIM. 10513244003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1)Menerapkan metode pembelajaran Guided Note Taking dalam meningkatkan keaktifan pembelajaran pelayanan prima di SMK N 1 Pandak. (2)Menerapkan metode pembelajaran Guided Note Taking dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran pelayanan prima di SMK N 1 Pandak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis and Mc Taggart. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X Busana Butik 2 SMK N 1 Pandak berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes mengungkap kompetensi siswa, berupa tes pilihan ganda dan tes penilaian psikomotor siswa. Observasi berupa lembar pelaksanaan pembelajaran dan penilaian afektif siswa. Uji validitas instrument berdasarkan judgment ekspert. Uji reliabilitas soal tes pilihan ganda menggunakan rumus KR 20 diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,907. Reliabilitas pada lembar penilaian afektif sebesar 0,924 dan lembar penilaian psikomotor sebesar 0,929 menggunakan teknik Alfa Cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1)pelaksanaan metode pembelajaran Guided Note Taking dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan yaitu guru mempersiapkan hand out guided note taking yang sudah dikosongkan sebagian dari poin-poin yang dianggap penting, memberikan apersepsi dan menjelaskan tujuan pembelajaran. Kegiatan inti yaitu guru menerapkan metode pembelajaran Guided Note Taking, dimulai dari guru menjelaskan tentang metode guided note taking, membagikan hand out, menjelaskan materi pembelajaran, menyuruh siswa untu mencermati jawaban dari hand out guided note taking sebelum mempresentasikannya di depan kelas dan menilai kemampuan siswa menggunakan tes pilihan ganda dan tes psikomotor. Kegiatan penutup yaitu guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran pelayanan prima. 2)Keaktifan siswa dilihat dari Visual Activities meningkat 35,5%. Oral Activities 1 meningkat 58,1%. Oral Activities 2 meningkat 42%. Listening Activities 1 meningkat 35,4%. Listening Activities 2 meningkat 35,5. Writing Activities 1 meningkat 100%. Writing Activities 2 meningkat 54,9%. Motor Activities meningkat 35,5%. Mental Activities 1 meningkat 58,1%. Mental Activities 2 meningkat 41,9%. Emotional Activities meningkat 42%. 3)Kompetensi siswa meningkat dengan signifikan, pada pra siklus hanya 9 dari 31 siswa atau 29,0% yang tuntas KKM. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 29,1% dari 9 siswa menjadi 18 siswa, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 58,1% dari 18 siswa menjadi 27 siswa yang tuntas KKM. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa pada materi memberikan bantuan untuk pelanggan secara internal dan eksternal kelas X Busana Butik 2 di SMK N 1 Pandak. Kata kunci : kompetensi, memberikan bantuan untuk pelanggan, Guided Note Taking

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Jun 2015 07:05
Last Modified: 30 Jan 2019 00:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21554

Actions (login required)

View Item View Item