PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA X BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI

Tri Kusuma, Astuti (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA X BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Tri Kusuma Astuti 08513241002.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA X BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI Oleh: Tri Kusuma Astuti NIM. 08513241002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran menggambar proporsi tubuh menggunakan macromedia flash, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran menggambar proporsi tubuh menggunakan macromedia flash. Pengembangan media pembelajaran menggambar proporsi tubuh menggunakan macromedia flash di SMK Muhammadiyah 1 Imogiri ini menggunakan metode research and development (R and D). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Imogiri. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari; (1) pendahuluan; (2) pengembangan; (3) uji lapangan; (4) deseminasi. Proses validasi dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Untuk pengujian lapangan dilakukan dengan uji coba satu lawan satu yaitu 2 orang guru pengampu dan 2 orang siswa, uji kelompok kecil dengan 2 orang guru dan 12 siswa dan untuk uji lapangan dilakukan dengan 32 siswa. Hasil penelitian ini adalah 1) media pembelajaran menggambar proporsi tubuh yang mencakup materi pengertian proporsi tubuh, menggambar proporsi tubuh wanita, menggambar proporsi tubuh pria, menggambar proporsi tubuh anak dan menggambar bagian-bagian tubuh berupa compact disk (CD) dengan kapasitas 9,12 MB yang dikembangkan menggunakan 4 tahap pengembangan,; 2) media pembelajaran ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran menggambar busana dengan kriteria baik ditinjau dari aspek tampilan, pemrograman dan manfaat. Hasil penilaian dari ahli media dengan skor 16, penilaian dari ahli materi dengan skor 11, sedangkan penilaian dari siswa dengan rerata skor 3,45 masuk dalam kategori baik. Kata kunci: media pembelajaran, menggambar proporsi tubuh, macromedia flash

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Jun 2015 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 00:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21553

Actions (login required)

View Item View Item