Thaufik, Mohammad Probowasito (2015) EVALUASI KTSP MENGGUNAKAN METODE CIPP DI SMK N 2 YOGYAKARTA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK. S1 thesis, UNY.
|
Text
Thaufik Mohammad Probowasito 07501241012.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK EVALUASI KTSP MENGGUNAKAN METODE CIPP DI SMK N 2 YOGYAKARTA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK Oleh: Thaufik Mohammad Probowasito 07501241012 Penelitian ini bertujan untuk mengetahui kesesuaian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMK N 2 Yogyakarta. Kesesuaian kurikulum tersebut dilihat dari aspek context, input, process dan product. Hasil evaluasi yang dilakukan digunakan sebagai masukan dalam pengembangan kurikulum selanjutnya. Penelitian dilakukan di SMK N 2 Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X, XI XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 99 orang dan guru mata pelajaran produktif program keahlian tersebut sebanyak 17 orang. Penelitian ini menggunakan metode Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kesesuaian KTSP dari aspek context dengan responden guru dan siswa berturut-turut sebesar 42,647 (76,15%) dan 12,737 (79,61%); (2) kesesuaian KTSP dari aspek input dengan responden guru dan siswa berturut-turut sebesar 99,4118 (75,31%) dan 33,15 (75,34%); (3) kesesuaian KTSP dari aspek process dengan responden guru dan siswa berturut-turut sebesar 145,1176 (80,62%) dan 45,0303 (75,05%); (4) kesesuaian KTSP dari aspek product dengan responden guru dan siswa berturut-turut sebesar 58,0588 (76,39%) dan 30,44 (76,1%); (5) kesesuaian KTSP secara umum jika ditinjau dari aspek context, input, process dan product dengan responden guru dan siswa berturut-turut sebesar 345,235 (77,76%) dan 121,3636 (75,85%). Evaluasi KTSP secara keseluruhan pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 2 Yogyakarta termasuk dalam kategori sangat sesuai. Instrumen penelitian yang digunakan cenderung bersifat opini maka hasil yang diperoleh cenderung positif. Kata kunci: evaluasi kurikulum, metode CIPP, KTSP
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 25 Jun 2015 06:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21547 |
Actions (login required)
View Item |