PENGARUH JOB SHEET TERHADAP PROSES PENGERJAAN DAN AKURASI HASIL KERJA MATA PELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

TAUFIK, WISNU SAPUTRA (2015) PENGARUH JOB SHEET TERHADAP PROSES PENGERJAAN DAN AKURASI HASIL KERJA MATA PELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Taufik Wisnu Saputra 10503241019.pdf

Download (144MB) | Preview

Abstract

PENGARUH JOB SHEET TERHADAP PROSES PENGERJAAN DAN AKURASI HASIL KERJA MATA PELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Oleh: TAUFIK WISNU SAPUTRA 10503241019 ABSTRAK Tujuan penalitian ini adalah untuk mengetahui penerapan job sheet dalam pembelajaran praktik melakukan pekerjaan dengan mesin bubut untuk meningkatkan prestasi praktik bubut dan mengetahui peningkatan prestasi dari segi proses pengerjaan dan dari segi akurasi hasil kerja siswa dalam melakukan pekerjaan dengan mesin bubut menggunakan job sheet. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Waktu pelaksanaan penelitian dimulai Maret 2014 sampai dengan April 2014 (1 bulan) yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakata. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi; (1) lembar observasi penilaian unjuk kerja; (2) lembar penilaian akurasi hasil. Sedangkan analisa data menggunakan teknik pendekatan kuantitatif yang berfungsi untuk menguji efektivitas pengaruh penggunaan media job sheet terhadap pencapaian kompetensi proses kerja dan akurasi hasil kerja. Berdasarkan data hasil pengujian uji beda untuk penilaian proses kerja didapatkan bahwa; (1) efektifitas penerapan job sheet dalam pembelajaran praktik bubut di SMK N 2 Depok, Sleman, Yogyakarta diperoleh hasil untuk kualitas proses kerja sebesar 87,13%. Sedangkan akurasi hasil kerja sebesar 83,97%. (2) pencapaian kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut, membubut ulir kanan dan kiri antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin perkakas di SMK N 2 Depok, Sleman, Yogyakarta yaitu pada pencapaian proses kerja kelas eksperimen dicapai oleh 29 siswa (90,63%). Sedangkan pada pencapaian akurasi hasil kerja kelas eksperimen dicapai oleh 30 siswa (93,75%). Kata kunci : pengaruh, job sheet, proses kerja dan akurasi hasil kerja, praktik pemesinan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Jun 2015 06:39
Last Modified: 30 Jan 2019 00:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21545

Actions (login required)

View Item View Item