KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK HERRINGBONE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK DI SMA N 1 PAKEM

Desyana, Widya (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK HERRINGBONE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK DI SMA N 1 PAKEM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Widya Desyana 06203241007.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan membaca bahasa Jerman peserta didik yang diajar menggunakan teknik Herringbone dan yang diajar menggunakan teknik konvensional dan (2) keefektifan penggunaan teknik Herringbone dalam pengajaran membaca bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan Quasi eksperimen dengan desain pretest postest control group. Variabel ini terdiri atas 2 variabel yaitu variabel bebas, penggunaan teknik Herringbone dan variabel terikat, pengajaran membaca bahasa Jerman. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 1 Pakem, yang berjumlah 125 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel terdiri atas kelas XI IPA 1 dengan jumlah 25 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 dengan jumlah 25 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data diambil dengan tes kemampuan membaca. Uji validitas tes menggunakan analisis butir soal dari Sutrisno Hadi. Dari 49 butir soal terdapat 44 butir soal yang sahih (rbt = 0.471-0.678 ). Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20 (rtt = 0.950). Data analisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t-hitung (3,535) lebih tinggi dari nilai t-tabel (2,009) pada taraf signifikansi a:0.05 dengan df = 48 . Mean difference kelas eksperimen sebesar 6,24 dengan bobot keefektifan sebesar 11,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi membaca yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan teknik Herringbone dan peserta didik yang diajar dengan teknik konvensional, (2) pengajaran membaca bahasa Jerman menggunakan teknik Herringbone lebih efektif daripada pengajaran menggunakan teknik konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: herringbone, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 05:07
Last Modified: 30 Jan 2019 00:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21541

Actions (login required)

View Item View Item