KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KARTUNBERWARNA PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN KELAS XI DI SMA NEGERI I MINGGIR SLEMAN

Sugiharta, Septri (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KARTUNBERWARNA PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN KELAS XI DI SMA NEGERI I MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Septri Sugiharta 08203241029.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media kartun berwarna dalam pembelajaran keterampilan membaca teks bahasa Jerman di kelas XI SMA Negeri 1 Minggir. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperiment. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas (X) berupa penggunaan media kartun berwarna dan variabel terikat (Y) berupa kemampuan membaca bahasa Jerman peserta didik. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Minggir. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Anggota sampel sebanyak 69 peserta didik, yaitu kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 peserta didik dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengambil data adalah tes kemampuan membaca. Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Validitas instrumen terdiri atas validitas isi dan validitas konstruk. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (2,198) lebih tinggi dari nilai ttabel (2,000) pada taraf signifikansi (α=0,05). Rerata skor kelas eksperimen sebesar (21,235) lebih tinggi dari pada mean difference kelas kontrol sebesar (19,885). Hal ini berarti: Media kartun berwarna lebih efektif digunakan dalam pembelajaran membaca bahasa Jerman dibandingkan dengan menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media kartun berwarna, membaca teks
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 05:01
Last Modified: 30 Jan 2019 00:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21538

Actions (login required)

View Item View Item