KONTRIBUSI PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT DAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 3 PALANGKARAYA

Destari, Pramita (2013) KONTRIBUSI PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT DAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 3 PALANGKARAYA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pramita Destari 06203241004.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi penguasaan struktur terhadap kemampuan menulis bahasa Jerman, (2) kontribusi penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis bahasa Jerman, (3) kontribusi penguasaan struktur dan kosakata terhadap kemampuan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 3 Palangkaraya. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 3 Palangkaraya. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA2 dan XI IPA3 sebanyak 84 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode acak atau random sampling. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel antara lain penguasaan struktur, kosakata dan kemampuan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian ex post facto. Validitas dan reliabilitas digunakan uji point biserial dan uji Kuder-Richardson (KR-20). Analisis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menujukkan persamaan yaitu Ŷ = 36,248 + 0,965 X2 + 0,912 X1. Artinya (1) terdapat kontribusi penguasaan struktur yang signifikan terhadap kemampuan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 3 Palangkaraya(t hitung = 6,450 > t tabel = 1,990). (2) terdapat kontribusi penguasaan kosakata yang positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 3 Palangkaraya (t hitung = 6,284 > t tabel = 1,990). (3) terdapat kontribusi penguasaan struktur dan penguasaan kosakata yang signifikan terhadap kemampuan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 3 Palangkaraya (F hitung = 27,447 > F tabel = 3,11). Sumbangan efektif penguasaan struktur (X1) terhadap variabel kemampuan menulis Bahasa Jerman (Y) sebesar 21,20%. Sumbangan efektif penguasaan kosa kata (X2) terhadap variabel kemampuan menulis Bahasa Jerman (Y) sebesar 19,20%. Kedua variabel tersebut berkontribusi terhadap variabel kemampuan menulis bahasa Jerman sebesar 40,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: struktur kalimat, kosakata, menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 04:56
Last Modified: 30 Jan 2019 00:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21534

Actions (login required)

View Item View Item