MEDIA PEMBELAJARAN MENGELAS DENGAN PROSES TIG BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS XI TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

TAUFIK, IRMAWAN (2015) MEDIA PEMBELAJARAN MENGELAS DENGAN PROSES TIG BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS XI TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Taufik Irmawan 08503241022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MEDIA PEMBELAJARAN MENGELAS DENGAN PROSES TIG BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS XI TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU Oleh: TAUFIK IRMAWAN NIM. 08503241022 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas dari penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash terhadap prestasi belajar Mengelas dengan Proses TIG pada siswa kelas XI Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Sedayu. Media animasi berbasis flash yang digunakan adalah media yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group design. Sampel penelitian memilih dua kelas, yaitu kelas ekperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media flash dan kelas kontrol dengan cara konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes objektif yang diberikan sebelum pembelajaran/pretest dan sesudah pembelajaran/posttest. Uji analisis karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kontrol dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest didapat bahwa tidak ada perbedaan prestasi sebelum perlakuan. Namun, sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media macromedia flash hasilnya jauh lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang menggunakan cara konvensional dan untuk hasil uji hipotesis rata-rata nilai posttest didapat bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil prestasi belajar. Sedangkan pada kelas eksperimen dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest dan posttest didapat juga bahwa terjadi peningkatan prestasi yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa macromedia flash Las TIG berpengaruh dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : media pembelajaran, macromedia flash

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Jun 2015 04:53
Last Modified: 30 Jan 2019 00:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21533

Actions (login required)

View Item View Item