KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FOTOGRAFI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 2 KLATEN

Abdullah, Nurma Ningsih (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FOTOGRAFI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurma Ningsih Abdullah 07203244034.pdf

Download (139MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Klaten antara kelas yang diajar menggunakan media fotografi dan yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media fotografi dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di kelas X SMA N 2 Klaten. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Klaten yang berjumlah 195 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XE/F (29 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XC/D (29 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan menulis bahasa Jerman. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk.Koefisien realibilitas penelitian ini sebesar 0,984. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung (sebesar 3, 664) lebih besar dari pada t table ( sebesar 2, 390), pada taraf sinifikansi α = 0,05 dan db sebesar 56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman yang signifikan peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Klaten antara kelompok yang diajar dengan menggunakan media fotografi dan yang diajar dengan media konvensional (2) penggunaan media fotografi dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman kelas X SMA Negeri 2 Klaten lebih efektif dari pada menggunakan media konvensional. Bobot keefektifanya sebasar 10,78%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: fotografi, menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 04:52
Last Modified: 25 Jun 2015 04:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21532

Actions (login required)

View Item View Item