KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2KLATEN

Utari, Nur (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Utari 09203244022.pdf

Download (50MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Klaten antara yang diajar menggunakan metode cooperative learning tipe STAD dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Klaten. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, yang terdiri dari dua variabel penelitian, yaitu metode cooperative learning tipe STAD sebagai variabel bebas dan keterampilan berbicara bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Klaten yang berjumlah 157. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Kelas XI IPA OSN yang terdiri dari 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan klas XI IPS 3 dan XI IPS 4 yang terdiri dari 29 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian diperoleh dari skor keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Validitas yang digunakan dalam penelitian adalah validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan realibilitas yang digunakan yaitu Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (thitung 2,492 > ttabel 2,021),dengan nilai signifikansi sebesar 0,016 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 0,05. Nilai rata-rata pos-test kelompok eksperimen sebesar 8,6905 sedangkan nilai rata-rata pos-test kelompok kontrol sebesar 7,9138. Bobot keefektifan sebesar 10,7 %. Dengan demikian dapat disimpulkan (1)terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman pesertadidikkelas XI di SMA Negeri 2 Klatenantara yang diajar menggunakan metodecooperative learning tipe STAD dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2)penggunaan metode cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Negeri 2 Klaten lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning, STAD, berbicara
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 04:45
Last Modified: 30 Jan 2019 00:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21528

Actions (login required)

View Item View Item