KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE CONCEPT MAPPING PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN

Fitri, Liesza Maria Ronalia (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE CONCEPT MAPPING PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Liesza Maria Ronalia Fitri 09203241004.pdf

Download (95MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Prambanan Klaten antara yang diajar menggunakan metode concept mapping dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode concept mapping pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test control group design. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu penggunaan metode concept mapping sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Prambanan Klaten sebanyak 256 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X-H (31 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E (34 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui pre-test dan post-test skor keterampilan menulis bahasa Jerman. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Dari perhitungan didapat nilai rhitung 0,578 > rtabel 0,339 . Dengan demikian instrumen dinyatakan valid. Koefisien realibilitas sebesar 0,778. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan thitung sebesar 3,656 lebih besar daripada ttabel sebesar 2,000, pada taraf signifikansi α = 0,05 dan df sebesar 63. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik antara yang diajar menggunakan metode concept mapping dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) penggunaan metode concept mapping pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional. Hasil post-test kedua kelompok menunjukkan rerata kelas eksperimen sebesar 37,06 lebih besar dari rerata kelas kontrol sebesar 34,14 dan bobot keefektifan sebesar 10,03%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru dapat menerapkan metode concept mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Jerman, karena terbukti pembelajaran menggunakan metode concept mapping lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: concept mapping, menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 00:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21520

Actions (login required)

View Item View Item