PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF TAX ADMINISTRATION MILLIONAIRE QUIZ BERBASIS ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK DI KELAS XI AKUNTANSI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO

WIBOWO, ZULFRI ADHI (2015) PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF TAX ADMINISTRATION MILLIONAIRE QUIZ BERBASIS ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK DI KELAS XI AKUNTANSI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Administrasi Pajak berbentuk game edukatif Tax Administration Millionaire Quiz dengan aplikasi Adobe Flash bagi siswa kelas XI Akuntansi SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan game edukatif Tax Administration Millionaire Quiz berdasarkan penilaian Ahli Materi, Ahli Media, dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall (1983). Tahapannya meliputi: tahap studi pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, tahap uji coba dan evaluasi, serta tahap produk akhir dan penyebaran. Pada tahap pengembangan produk awal dilakukan validasi materi oleh dua orang ahli materi (dosen dan guru) dan validasi media oleh satu orang ahli media (dosen). Game edukatif ini diuji cobakan kepada siswa dalam tiga tahap yaitu tahap uji coba perorangan (5 siswa), tahap uji coba kelompok kecil (15 siswa), dan tahap uji coba lapangan (48 siswa). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan game edukatif Tax Administration Millionaire Quiz melewati lima tahap yaitu: tahap studi pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, tahap uji coba dan evaluasi, serta tahap produk akhir dan penyebaran. Tingkat kelayakan game edukatif Tax Administration Millionaire Quiz berbasis Adobe Flash sebagai media pembelajaran Administrasi Pajak berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,16 yang termasuk dalam kategori Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,42 yang termasuk kategori Sangat Layak, 3) Uji Coba Perorangan diperoleh skor 4,55 yang termasuk kategori Sangat Layak, 4) Uji Coba Kelompok Kecil diperoleh skor 4,30 yang termasuk kategori Sangat Layak, 5) Uji Coba Lapangan diperoleh skor 4,37 dengan kategori Sangat Layak. Dengan demikian game edukatif Tax Administration Millionaire Quiz yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Administrasi Pajak. Kata Kunci: Media Pembelajaran Administrasi Pajak, game edukatif, Tax Administration Millionaire Quiz, Adobe Flash, SMK, Administrasi Pajak, Borg & Gall.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 00:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21518

Actions (login required)

View Item View Item