KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL

Wijayanti, Iwuk (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Iwuk Wijayanti 09203241023.PDF

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul antara yang diajar dengan menggunakan teknik Collaborative Strategic Reading (CSR) dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, (2) keefektifan penggunaan teknik Collaborative Strategic Reading (CSR) dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Data diperoleh melalui tes keterampilan membaca bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu penggunaan teknik Collaborative Strategic Reading (CSR) sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul yang berjumlah 207 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X 2 (30 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X 7 (29 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Uji validitas dihitung dengan rumus korelasi product moment. Hasil uji validitas menunjukan bahwa dari 45 soal terdapat 40 soal valid dan 5 soal yang gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,945. Data dianalisisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung 2,651 > dari ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Bobot keefektifannya adalah 8,8%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 36,0000 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 33,6897. Hal ini menunjukkan bahwa nilai peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik dari nilai peserta didik kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Collaborative Strategic Reading (CSR) lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CSR, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 04:22
Last Modified: 25 Jun 2015 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21517

Actions (login required)

View Item View Item