KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE SQ4R PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI I SEYEGAN SLEMAN

Kinanthi, Intan Tyas (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE SQ4R PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI I SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Intan Tyas Kinanthi 09203244007.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Seyegan Sleman antara yang diajar dengan metode SQ4R dan yang diajar dengan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode SQ4R dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman kelas XI di SMA Negeri 1 Seyegan Sleman. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan design pre-test post-test control group. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu metode SQ4R sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Seyegan Sleman. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen (32 peserta didik) dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol (32 peserta didik). Pengambilan data menggunakan tes kemampuan membaca. Validitas instrument terdiri atas validitas isi dan validitas konstruk. Uji validitas dihitung dengan rumus Korelasi Point Biserial. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 50 soal sebanyak 39 soal valid dan 11 dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,945. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 3,69 lebih besar dari ttabel 2,00 pada taraf sinifikansi α= 0,05. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 83,09 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 77,48. Bobot keefektifannya adalah 8,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Seyegan Sleman antara yang diajar dengan metode SQ4R dan yang diajar dengan metode konvensional, dan (2) penggunaan metode SQ4R efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman kelas XI di SMA Negeri 1 Seyegan Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SQ4R, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Jun 2015 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 00:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21515

Actions (login required)

View Item View Item